Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Begini Cara Menghilangkan Batuk dengan Cepat

 Begini Cara Menghilangkan Batuk dengan Cepat

Begini Cara Menghilangkan Batuk dengan Cepat


Menurut Halodoc, batuk adalah reaksi alami tubuh untuk menghilangkan dahak dan iritasi di tenggorokan. Namun, batuk yang tidak hilang dapat sangat mengganggu dan memerlukan pengobatan segera. 

Tergantung pada penyebab batuk dan tingkat keparahan, penggunaan obat alami atau obat medis dapat digunakan untuk mengatasi batuk.

Mau tahu apa saja cara alami untuk menghilangkan batuk berdahak di rumah? Ulasan dapat ditemukan di sini!

Apa yang menyebabkan batuk?

Batuk dapat disebabkan oleh beberapa penyakit, seperti: 

Infeksi saluran pernapasan: Batuk dapat disebabkan oleh infeksi virus seperti flu, pilek, bronkitis, atau pneumonia. Infeksi bakteri juga dapat menyebabkan batuk yang lebih serius.

Alergi: reaksi alergi terhadap serbuk sari, debu, bulu hewan, atau bahan kimia tertentu dapat menyebabkan batuk.

Asma, yaitu kondisi di mana saluran pernapasan menyempit, memiliki batuk sebagai salah satu gejala umum.

Reaksi terhadap iritasi: Iritasi saluran pernapasan dapat disebabkan oleh paparan asap rokok, polusi udara, bahan kimia, atau bahan lainnya yang menyebabkan batuk.

Refluks asam lambung: Saat asam lambung naik ke kerongkongan, hal ini dapat menyebabkan batuk kronis yang menyebabkan tenggorokan teriritasi.

Efek samping obat: Batuk dapat menjadi efek samping beberapa obat, seperti ACE inhibitor, yang membantu mengobati tekanan darah tinggi.

Kondisi medis tambahan Batuk juga dapat menjadi gejala penyakit paru obstruktif kronis (PPOK), penyakit pernapasan interstisial, dan kanker paru-paru.

Anda harus segera melihat dokter jika Anda batuk dengan darah.

Mencegah Batuk dengan Cepat 

Ada banyak obat bebas resep yang dapat Anda gunakan untuk mengobati batuk yang disebabkan oleh pilek, infeksi sinus, dan alergi. Namun, jika Anda lebih suka menggunakan metode pengobatan rumahan, ini adalah beberapa pilihan:

1. Penggunaan obat tanpa resep dokter

Berikut ini adalah beberapa obat bebas yang dapat Anda gunakan untuk meredakan batuk:

Guaifenesin, bahan aktif dalam obat batuk guaifenesin, adalah agen ekspektoran yang melonggarkan lendir dalam saluran pernapasan, membuat pengeluaran dahak lebih mudah. 

Selain itu, dalam artikel ini, Anda akan menemukan rekomendasi obat batuk berdahak terbaik:

Dikstrometorfan, sebuah agen antitusif, berfungsi untuk mengurangi refleks batuk di otak. Sirup batuk atau obat lain yang mengandung dekstrometorfan dapat membantu mengurangi batuk kering yang tidak produktif. Baca lebih lanjut tentang panduan untuk memilih obat batuk di: Tiga Panduan untuk Memilih Obat Batuk Berdasarkan Jenisnya.

2. Susu

Selama bertahun-tahun, madu telah digunakan sebagai pengobatan untuk sakit tenggorokan. Sekarang, bahkan obat bebas resep yang mengandung dekstrometorfan dapat meredakan batuk lebih baik daripada madu.

3. Antibiotik

Probiotik adalah mikroorganisme yang dapat melakukan banyak hal baik untuk kesehatan Anda. Meskipun mereka tidak secara langsung meredakan batuk, probiotik dapat membantu menyeimbangkan flora gastrointestinal atau bakteri alami usus manusia.

Salah satu cara paling alami untuk mendapatkan probiotik adalah dengan mengonsumsi makanan yang telah difermentasi, seperti: 

Yogurt, kefir, tempe, dan kimchi.

3. Air hangat

Minuman hangat, seperti teh atau air lemon hangat, dapat membantu mengurangi rasa perih atau sakit yang datang dari batuk. Minuman hangat juga dapat membantu mengurangi lendir yang menempel di tenggorokan. 

Cairan hangat juga dapat membantu keluarnya lendir.

4. Tingkatkan konsumsi cairan Anda

Untuk membantu mengencerkan lendir ketika batuk, Anda harus meningkatkan kebutuhan cairan Anda. Selain minuman, Anda bisa mendapatkan cairan dari sup ayam atau daging. 

5. Menggunakan air asin untuk berkumur

Cara in mungkin agak sederhana, tetapi berkumur dengan air garam dapat membantu mengurangi batuk dan gatal tenggorokan. Mencampur setengah hingga setengah sendok teh garam dengan segelas air hangat dapat membantu meredakan rasa sakit. 

6. Mengkonsumsi air jahe

Jahe telah lama dikenal sebagai obat tradisional yang sering digunakan untuk meredakan berbagai penyakit, termasuk batuk. Dipercaya bahwa mengonsumsi air jahe dapat mengendurkan otot-otot saluran napas, yang dapat membantu orang yang mengalami batuk dan asma.

Jika batuk Anda tidak hilang, periksakan ke dokter paru-paru segera. 

Mereka berharap dokter dapat segera menangani batuk karena penyebabnya, mengurangi risiko komplikasi. 

Dengan mencampur dua sendok teh madu dengan teh herbal atau air hangat dan lemon, Anda dapat membuat obat batuk sendiri di rumah.

Toko Furniture
Toko Furniture Seseorang yang menyukai dunia maya dengan cara menulis sebagian Informasi seputar teknologi dan lain lain