Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara amankan akun wa dari peretas

Cara amankan akun wa dari peretas

Cara amankan akun wa dari peretas

Sampai saat ini, masih ada kasus penyadapan akun WhatsApp (WA) yang terjadi. Ini jelas merugikan data pribadi Anda dan memungkinkan peretas melacak aktivitas Anda. Oleh karena itu, penting untuk memahami cara mengetahui apakah akun WhatsApp Anda disadap sebelum mengetahui bagaimana mengetahuinya. 

WhatsApp adalah aplikasi chat online paling populer di dunia, dan kemudahan penggunaannya menjadikannya alat yang bagus untuk berkomunikasi dan memasarkan online. Selain itu, WhatsApp Business saat ini tersedia. Meskipun pengembang mengklaim bahwa WA aman, penjahat dapat menggunakan akun Anda.

Cara Mengetahui Ketika WhatsApp Anda Dibajak Untuk melindungi akun Anda, ikuti cara ini. 

Mendapat Kode OTP: Jika akun WhatsApp Anda tiba-tiba hilang dan Anda menerima kode OTP melalui telepon atau SMS, jangan berikan kode verifikasi WhatsApp tersebut kepada siapa pun. Ini mungkin dilakukan oleh individu yang tidak bertanggung jawab yang ingin menyalin akun WhatsApp Anda.

Pelaku dapat membuat jebakan dengan mengaku teman atau orang terdekat dan meminta kode WA Anda untuk melakukan kloning.

Keluar dari Akun Sendiri: Anda sudah tahu bahwa WhatsApp tidak dapat digunakan pada dua ponsel berbeda sekaligus, kecuali WhatsApp Web yang dapat dilindungi dengan kode QR. Jika nomor yang sama dimasukkan ke perangkat lain, WA akan otomatis keluar dari perangkat tersebut. Setelah itu, smartphone menunjukkan bahwa nomor tersebut tidak ada di perangkat.

Tidak Bisa Masuk, menurut theverge.com, mengambil akun WhatsApp dengan mudah. Jika pencuri tidak dapat mendapatkan kode OTP Anda, pencuri mencoba memasukkan kode enam digit secara acak. Ini akan menyebabkan akun terkunci selama dua belas jam hingga tujuh hari. Peretas dapat masuk ke akun Anda dengan mudah jika Anda tidak mengatur PIN WhatsApp Anda.

Pesan Sudah Dibaca

Cara lain untuk mengetahui bahwa WA Anda disadap adalah dengan mengetahui bahwa pesan telah dibaca meskipun Anda belum membukanya. Ini dapat menunjukkan bahwa WhatsApp Anda telah dibajak melalui kode QR yang biasanya dipindai untuk WhatsApp Web. 

Padahal Offline

Kita ditunjukkan menggunakan akun orang lain saat kita tidak membuka WhatsApp, baik melalui ponsel maupun WhatsApp Web. 

Kirim pesan secara mandiri

Jika Anda menemukan bahwa pesan dikirim melalui akun Anda meskipun Anda tidak pernah mengirimkannya, itu berarti fitur WhatsApp Anda telah dibajak. 

Cara Mengamankan WhatsApp Anda Saat Dibajak

Untuk mengamankan akun WhatsApp Anda dari hacker, berikut beberapa cara yang dapat Anda gunakan untuk melindunginya.

Tinggalkan Perangkat yang Tidak Dikenal

Seperti yang disebutkan sebelumnya, salah satu metode membajak WhatsApp adalah melalui WhatsApp Web. Oleh karena itu, segera periksa perangkat yang terhubung ke akun Anda jika Anda menemukan bahwa perangkat tersebut tidak dikenal. Jika tidak, segera keluar dari perangkat tersebut. 

Untuk pengguna Android, cara mengecek perangkat melalui ponsel Anda adalah dengan menekan tanda titik tiga di tab chat. Kemudian, pilih situs web WhatsApp untuk melihat perangkat yang terhubung. Jika ada perangkat yang tidak dikenal, ketuk keluar.

Pengguna iOS dapat menekan setting di kanan bawah dan memilih WhatsApp Web atau Desktop. Kemudian, lihat perangkat yang terhubung. Jika ada perangkat yang tidak dikenal, keluarlah segera.

Untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan, Anda dapat keluar dari WhatsApp Web sesekali. 

Konfigurasi Pemindai Sidik Jari

Pemindai sidik jari sangat bermanfaat untuk mencegah orang lain memindai kode QR WhatsApp Anda. Anda dapat mengaktifkannya dengan masuk ke pengaturan, memilih privasi, memilih kunci sidik jari, dan ketuk aktifkan. Kemudian, setelah Anda memindai sidik jari Anda, atur kunci otomatis segera setelah satu menit atau setelah tiga puluh menit. 

Verifikasi Dua Faktor Aktif

Verifikasi dua langkah, juga dikenal sebagai verifikasi dua langkah, memungkinkan Anda mengamankan akun WhatsApp dengan memasukkan kode enam digit setelah Anda mendaftarkan nomor telepon Anda di WA; kode ini berbeda dari kode OTP, dan Anda juga dapat memasukkan alamat email untuk memulihkan PIN jika Anda lupa.  

Cara berikut untuk mengaktifkan Verifikasi Dua Langkah: 

1: Masuk ke pengaturan, pilih akun, dan lakukan verifikasi dua langkah

2-Klik aktifkan

3. Masukkan enam kode rahasia yang ingin Anda masukkan.

4. Gunakan alamat email sebagai backup jika Anda lupa PIN.

Hapus Profil WhatsApp Anda

Cara terakhir dan paling efektif adalah menghapus akun WA Anda segera agar tidak ada yang bisa menggunakannya. Anda dapat mengirimkan pesan ke email WhatsApp Support di support@whatsapp.com dengan subjek email yang hilang atau dicuri; silahkan nonaktifkan akun saya. Anda dapat mengembalikan akun Anda dalam waktu 30 hari sebelum WhatsApp menghapusnya secara permanen. 

Itu semua tentang fitur akun WhatsApp yang disadap dan cara mengamankannya. Sebaiknya Anda mulai berhati-hati agar akun Anda tidak diretas oleh pelaku kejahatan di kemudian hari.

Toko Furniture
Toko Furniture Seseorang yang menyukai dunia maya dengan cara menulis sebagian Informasi seputar teknologi dan lain lain