Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

pencipta laptop pertama di dunia

pencipta laptop pertama di dunia
pencipta laptop pertama di dunia

Sejarah Perkembangan Laptop Pertama Di Dunia: April 6, 2022: Adam Osborne dan Alan Key menciptakan personal komputer pertama di dunia, yang berharga 16 juta rupiah dan berat 24 kilogram, pada tahun 1981.

Teknologi modern telah tersebar di seluruh dunia. Komputer jinjing, juga dikenal sebagai "laptop", telah lama menjadi pengganti Personal Computer (PC) untuk berbagai tugas mobile workstation, seperti mengetik, berselancar di internet, desain, bermain game, mengedit konten, dan lain-lain.

Namun, apakah Anda memiliki pemahaman tentang sejarah perkembangan laptop? Laptop dapat memenuhi segala kebutuhan pengguna yang bekerja dari awal diciptakannya hingga saat ini.

Bermula pada awal tahun 1970-an, perdebatan tentang kebutuhan berbagai para ahli untuk membuat sebuah perangkat komputer yang dapat dibawa ke mana-mana telah menjadi perdebatan penting di kalangan produsen dan desainer komputer.

melalui produk hasil buah tangan dari penulis buku komputer Alan Key, yang juga memiliki perusahaan percetakan buku. Sejak saat itu, berbagai jenis komputer mikro dengan berbagai fungsi muncul.

Alan membahas ide-ide dasar tentang komputer yang dapat dibawa ke mana pun dan tidak perlu terhubung ke aliran listrik. Konsep ini juga disebut sebagai pengendali data orang yang dapat dibawa. Sejarah laptop dimulai dari sana. Dari sebuah gagasan, menjadi teknologi yang digunakan secara luas.

Alan Key sendiri adalah ilmuwan komputer Amerika yang memiliki gagasan untuk membuat laptop pertama kalinya. Adam Osborne, seorang penerbit software yang juga bekerja di perusahaan buku di Amerika Serikat, membantunya setelah itu.

Alan bukanlah orang yang akhirnya membuat laptop, meskipun dia berperan sebagai pengagas ide pertama. Memang, laptop pertama pertama kali dibuat oleh Adam Osborne pada tahun 1975.

Ia bekerja sama dengan Felsenstein, pemilik perusahaan produsen perangkat keras yang juga mahir membuat sirkuit prosesor, untuk mewujudkan idenya.

Sejarah laptop dimulai dengan IBM Portable PC 5100, yang dirilis pada tahun 1975. Ini adalah komputer mikro pertama yang dirancang khusus untuk matematika dan teknik. Setelah itu, produk dengan fitur yang lebih lengkap muncul, seperti Heathkit H9, Rockwell AIM 5, dan IBM Portable PC 5110.

Osborne Computer Corporation berhasil membuat perangkat yang dinamai Osborne 1 pada tahun 1981; meskipun ada beberapa kekurangan, perangkat ini dapat dianggap sebagai komputer portabel pertama.

Osborne 1 pertama kali muncul dengan berat 24 kg dan dibuat sehingga dapat dimasukkan ke dalam kursi penumpang pesawat; itu adalah microcomputer yang memulai sejarah laptop.

Laptop ini memiliki keyboard yang menempel langsung ke monitor dan ukurannya hanya 5 inci. Laptop pertama kali diproduksi secara massal dengan harga USD 1,795, atau sekitar 16 juta rupiah, di bawah harga pasar. Harganya tinggi, jadi tidak semua orang bisa memilikinya.

IBM juga menjual komponen PC secara terpisah, menarik perhatian orang pada Osborne 1 yang portabel dan dapat digunakan segera. Namun, reputasi Osborne menurun di awal tahun 1983, ketika ia menyatakan bahwa dia tidak memiliki dua desain komputer canggih yang siap dipasarkan.

Ini sebenarnya hanyalah cara untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan untuk bisnisnya. Hal ini menyebabkan penjualan Osborne 1 turun drastis.

Pendapatan perusahaan Osborne bergantung pada sejarah laptop ini. Osborne Computer Corporation dinyatakan bangkrut pada 13 September 1983, dan penjualan Osborne 1 dihentikan sejak saat itu. Namun, produsen lain akhirnya mengikuti jejak Osborne untuk mengeluarkan seri laptopnya sendiri, menciptakan tren baru di dunia komputer. Sejarah laptop terus berkembang.

Pada akhirnya, laptop saat ini sudah banyak memberikan keuntungan bagi penggunanya berkat perkembangannya. Ini karena kegunaannya yang praktis, cepat, dan sederhana. Saat ini, bentuknya beragam dan menarik, dan hampir semua laptop yang dijual ringan dan minimalis.

Fitur yang ditawarkan juga sangat menarik perhatian, karena bahkan beberapa laptop sudah memiliki fitur touch screen serta perangkat software dan hardware yang lebih baik dari masa awal kehadirannya. Karena kemajuan ilmu di bidang teknologi, fitur yang lebih canggih akan muncul di masa depan..
Toko Furniture
Toko Furniture Seseorang yang menyukai dunia maya dengan cara menulis sebagian Informasi seputar teknologi dan lain lain