Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Penemu Handphone dan Sejarah Evolusinya

 Penemu Handphone dan Sejarah Evolusinya

Penemu Handphone dan Sejarah Evolusinya

Penemu Handphone—Sudah menjadi hal umum bagi setiap orang bahwa kemajuan teknologi memungkinkan kita untuk melakukan banyak hal. Selain itu, orang yang jauh bisa dihubungkan dengan kemajuan teknologi. Misalnya, orang-orang di kota A dapat menghubungi atau berbicara dengan orang-orang di kota B, sehingga ada komunikasi yang baik. Oleh karena itu, teknologi memungkinkan kita untuk dengan mudah mengetahui keadaan seseorang yang kita sayangi meskipun mereka jauh. Telepon adalah nama teknologi yang digunakan untuk berkomunikasi.

Telepon ini biasanya terletak di dalam rumah atau di lokasi telepon umum. Akan tetapi, teknologi juga berkembang seiring dengan zaman. Telefon yang dulunya tidak dapat dibawa atau hanya bisa digunakan di suatu tempat sekarang dapat digunakan di mana saja. Sekarang dapat dimasukkan ke dalam tas atau kantong baju atau celana. Handphone, atau "telepon genggam" dalam bahasa Indonesia, adalah telepon yang dapat dibawa ke mana pun.

Dewasa ini, hampir setiap orang memiliki ponsel. Selain itu, mungkin Anda juga memiliki ponsel karena sangat penting untuk hampir semua kegiatan yang dilakukan, seperti menelpon, mengirim pesan, mencatat, dan sebagainya.

Pengertian Handphone: Handphone adalah telepon genggam karena dua kata dalam bahasa Inggris: hand berarti tangan atau ganggam, dan phone berarti ponsel atau telepon. Sesuai namanya, telepon ini dapat digunakan di mana saja dan kapan saja karena tidak memerlukan antena dengan kabel. Definisi "telepon genggam" dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah "telepon dengan antena tanpa kabel yang dapat dibawa ke mana-mana."

Dua jenis telepon genggam nirkabel yang tersedia di Indonesia adalah GSM (Global System for Mobile Telecommunications) dan CDMA (Code Division Multiple Access). Di Indonesia, ada sebuah asosiasi yang dikenal sebagai Asosiasi Telekomunikasi Seluler Indonesia, atau ATSI, yang terlibat dalam segala hal yang berkaitan dengan telekomunikasi seluler.

Handphone pada awal kemunculannya selalu dikaitkan dengan barang mewah, sehingga hanya segelintir orang yang memilikinya. Namun, seiring dengan kemajuan zaman dan globalisasi, handphone tidak lagi menjadi barang mewah, dan hampir setiap orang memiliki perangkat elektronik dengan berbagai fungsi ini. Karena telepon genggam biasanya terlibat dalam setiap kegiatan, banyak orang memilikinya.Handphone modern selalu berubah, dan bentuknya yang semakin tipis adalah salah satu bukti perkembangan ini. Oleh karena itu, telepon terbagi menjadi beberapa generasi selama perkembangan mereka. Setiap generasi adalah pengembangan dari generasi sebelumnya. Oleh karena itu, setiap handphone baru pasti memiliki spesifikasi yang lebih baik.

Handphone itu sendiri pertama kali ditemukan oleh Martin Cooper, jadi dianggap sebagai handphone generasi pertama. Handphone generasi berikutnya muncul setahun setelah handphone generasi pertama.

Selamat membaca, Grameds! Artikel ini akan membahas lebih lanjut tentang biografi Martin Cooper dan sejarah perkembangan telepon.

Handphone yang semakin canggih sekarang tidak hanya dapat menelpon, tetapi juga dapat memfoto, menonton film, merekam suara atau video, dan bahkan belajar dan berbisnis dengannya. Oleh karena itu, banyak orang sudah memiliki usaha rumahan sendiri dan sudah bisa dengan mudah mempromosikannya.

Handphone bukan lagi barang mewah; ternyata mereka dapat menghubungkan kita dengan orang di luar negeri. Lebih penting lagi, banyak pekerjaan dapat diselesaikan dengan cepat dengan menggunakannya.

Meskipun handphone memiliki banyak manfaat, terutama untuk membantu kita mengerjakan sesuatu, sebaiknya kita tidak menggunakannya terlalu sering karena dapat mengganggu kesehatan kita. Penemu handphone Martin Cooper menyarankan agar kita menggunakan handphone dengan bijak.

Martin Cooper adalah orang pertama yang menemukan handphone atau telepon genggam. Dia bahkan tidak pernah membayangkan bahwa dia bisa membuat telepon genggam berukuran kecil yang dapat dibawa ke mana pun tanpa kabel. Nama lengkap Martin Cooper adalah Martin Marty Cooper, dan dia lahir di Chicago, Illinois, AS, pada tanggal 26 Desember 1928.

Martin Cooper mendapatkan gelar sarjana dalam bidang teknik listrik pada tahun 1950. Dia sangat tertarik dengan elektronika dan memilih untuk melanjutkan studinya di Institute of Technology. Pada tahun 1957, ia memperoleh gelar master dalam rekayasa elektronika. Setelah meninggalkan Angkatan Laut Amerika Serikat, Martin Cooper memperoleh gelar masternya dan ditugaskan di kapal perusak Angkatan Laut Amerika Serikat sebelum melakukan penelitian telepon seluler.

Martin Cooper berpikir untuk membuat sebuah alat elektronik seperti itu karena dia sangat ingin berkomunikasi dengan orang lain secara pribadi dan bebas tanpa menggunakan pesawat telepon. Hingga tahun 1970, ia mulai mengembangkan alat komunikasi tanpa kabel. Motorola adalah perusahaan telekomunikasi yang berpusat di Amerika Serikat. Sekitar tahun 1970-an, John F. Mitchell, kepala insinyur proyek komunikasi portabel Motorola, memberikan Martin Cooper tugas sebagai pemimpin insinyur yang ada di divisi mobil, juga dikenal sebagai carphone. Kemudian, Martin Cooper dan John F. Mitchell memikirkan cara membuat suatu alat komunikasi yang dapat digunakan selain di mobil. Martin Cooper akhirnya dipercaya untuk memimpin penelitian telepon genggam atau handphone.

Martin Cooper akhirnya menemukan gagasan bahwa alat komunikasi tanpa kabel harus ringan dan kecil agar mudah digenggam dan dapat dibawa ke mana saja. Martin Cooper membutuhkan waktu 90 hari untuk membuat prototipe telepon genggam itu di tahun 1972. Pada tanggal 3 April 1973, prototipe yang dia temukan itu mulai diujicobakan. Dianggap sebagai orang pertama yang melakukan panggilan atau berkomunikasi menggunakan prototipe telepon genggam seluler, Martin Cooper dianggap sebagai penemu pertama. Peristiwa panggilan telepon dilakukan di depan wartawan dan orang-orang yang berjalan-jalan di kota New York. "Joe, I'm calling you from a "real" cellular telephone. A portable handheld telephone" adalah kalimat pertama yang keluar ketika Martin Cooper melakukan panggilan pertamanya kepada Dr. Joel S. Engel, seorang kepala riset di Bell Labs.

Pada tahun 1973, atau lebih tepatnya pada tanggal 17 Oktober 1973, Martin Cooper dan insinyur yang membantunya menciptakan telepon genggam dan John F. Mitchell mulai mematenkan penemuan mereka. Mereka mengajukan penemuan itu dengan nomor paten 3906166, dan pada bulan September 1975, Radio Telephone System menerima hak paten atas penemuan itu.

Martin Cooper dijuluki sebagai "Bapak Telepon Seluler (ponsel)" berkat penemuannya itu. Meskipun dia dianggap sebagai penemu telepon seluler, dia selalu mengatakan bahwa penemuannya adalah hasil kerja tim.

Telepon seluler terus berkembang setelah ditemukan pertama kali oleh Martin Cooper. Pada akhirnya, telepon seluler tercipta yang dapat digunakan untuk melakukan panggilan dan melakukan banyak hal lain seperti mengirim pesan, mengambil foto, dan melakukan banyak hal lainnya.

Sejarah Singkat Handphone: Handphone dibagi menjadi empat generasi, dengan Martin Cooper membuat telepon pertama. Oleh karena itu, kita dapat mengatakan bahwa telepon Martin Cooper adalah cikal bakal dari handphone modern. 1. Empat generasi telepon yang harus Anda ketahui Generasi I (1973)—Martin Cooper adalah penemu telepon genggam atau handphone generasi pertama. Pada generasi pertama, telepon genggam AMPS (frekuensi 825 Mhz–894 Mhz) sering disebut sebagai generasi 1G. Akibatnya, telepon genggam generasi ini dapat dianggap analog. Telefon generasi pertama cukup berat, dengan berat sekitar 2,5 pon atau 1,1 kg.

Namun, handphone panjangnya sekitar 10 inci atau 25 cm, jadi sulit untuk dimasukkan ke dalam kantong celana atau baju. Handphone generasi pertama memiliki baterai hanya bertahan 20 menit, jadi kita tidak boleh menggunakannya terlalu lama. Nama telepon genggam ini—diciptakan oleh Martin Cooper—adalah DynaTAC (Dynamic Adaptive Total Area Coverage).

2. Generasi II (sekitar tahun 1990-an) Generasi kedua dari perkembangan handphone atau telepon genggam dimulai pada tahun 1990-an. Telepon genggam generasi ini semakin canggih karena kemajuan teknologi. Penggunaan chip telepon genggam dan teknologi 2G menunjukkan kemajuan ini. Generasi telepon genggam ini diharapkan muncul sekitar tahun 1990-an. Amerika Serikat telah menggunakan teknologi CDMA (Code Division Multiple Access) pada saat itu. Saat itu, di Eropa, teknologi GSM (Global System for Mobile Telecommunications) digunakan.

Sinyal generasi ini berubah dari analog menjadi digital berkat penggunaan chip di telepon genggam. Selain melakukan panggilan, fitur telepon genggam generasi ini juga dapat mengirim pesan dan panggilan tunggu. Nokia 9000 Communicator, Motorola International 3200, Motorola StarTAC, dan Nokia 1011 adalah contoh telepon genggam generasi ini.

3. Generasi III (abad ke-20)

Memasuki tahun 2000-an berarti datangnya telepon genggam generasi ketiga, yang menggunakan teknologi yang semakin canggih, seperti 3G. Teknologi ini membuat jangkauan sinyal telepon genggam semakin luas, yang membuat komunikasi semakin mudah. Pada dasarnya, dalam bidang telekomunikasi, ada tiga standar untuk sinyal 3G: EDGE (Enhanced Data Rates for GSM Evolution), Wideband-CDMA, dan CDMA 2000.

Selain itu, telepon genggam generasi ketiga mulai memiliki beberapa sistem operasi, yang membuatnya disebut sebagai smartphone atau ponsel pintar. Oleh karena itu, fitur telepon genggam generasi ketiga hampir mirip dengan fungsi komputer. Generasi IV (mulai tahun 2010-an) Generasi IV adalah generasi terakhir dari pengembangan telepon genggam, juga dikenal sebagai teknologi Fourth Generation (4G). Generasi ini memiliki teknologi nirkabel seperti Bluetooth, 802.16e, CDMA, wireless LAN, WiBro, dan lainnya. Oleh karena itu, telepon genggam generasi ini akan memiliki banyak keuntungan, seperti kecepatan tinggi, kemampuan menggunakan sistem operasi kapan saja, dan jangkauan sinyal global.

Pengguna juga dapat menonton film, bermain game secara online, dan menggunakan fitur multimedia lainnya. HTC Corporation membuat telepon atau handphone generasi IV pertama.

Toko Furniture
Toko Furniture Seseorang yang menyukai dunia maya dengan cara menulis sebagian Informasi seputar teknologi dan lain lain