Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Memahami Fungsi RAM pada Laptop dan Komputer

 

Memahami Fungsi RAM pada Laptop dan Komputer

Komputer dan laptop adalah perangkat elektronik yang sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia, salah satunya adalah membuat pekerjaan yang berkaitan dengan mengolah data dan membuat dokumen penting lebih mudah. Komputer dan laptop memiliki komponen penting yang mendukung dan menjalankan kinerjanya.

Komputer dan laptop tidak akan berfungsi dengan baik jika salah satu dari komponen tersebut hilang. SSD, HDD, CD/DVD, VGA CARD, RAM, dan lainnya adalah beberapa komponen yang mungkin sudah familiar bagi detikers. Setiap bagian melakukan tugas tertentu. Setiap komponen melakukan fungsinya, meningkatkan kinerja komputer dan laptop.

Orang yang tidak terlalu akrab dengan teknologi mungkin menemukan nama-nama komponen ini agak sulit. Karena kebanyakan komponen komputer dan laptop memiliki singkatan. Pada kesempatan ini, detikInet akan berkonsentrasi pada komponen RAM. Apa kira-kira RAM? Jadi fungsinya apa? Lihat terus diskusinya di bawah ini.

Apa arti RAM?
Menurut situs web Tech Target, RAM adalah singkatan dari Random Access Memory dan merupakan perangkat keras (hardware) yang terdapat pada komputer dan laptop. RAM biasanya disebut memori PC dan tertanam dalam chip memori di papan sirkuit datar persegi.

Sederhananya, RAM sangat penting untuk komputer dan laptop karena merupakan memori utama yang lebih cepat untuk dibaca dan ditulis dibandingkan dengan penyimpanan lainnya, seperti HDD atau SSD. Karena RAM berfluktuasi, data akan tersimpan dalam RAM selama komputer dan laptop beroperasi.

Namun, tidak perlu khawatir karena RAM akan memuat ulang sistem operasi dan file lainnya saat komputer dan laptop dihidupkan.

Cara RAM Berfungsi: RAM melakukan hal yang sama pada komputer dan laptop, yaitu mempercepat kinerja, membuatnya lebih nyaman dan responsif ketika melakukan banyak hal pada komputer dan laptop. RAM mirip dengan sekumpulan kotak yang masing-masing dapat menyimpan angka 0 atau 1.

Ketika Anda memainkan game atau menonton film dari internet, komputer akan memuat data yang diperlukan oleh CPU untuk memproses aplikasi tersebut ke dalam RAM. Kemudian, CPU akan menggunakan RAM untuk menjalankan tugas yang cukup kompleks, yang membutuhkan kecepatan penyimpanan yang lebih besar.

Kecepatan data yang masuk dan keluar dari CPU sangat dipengaruhi oleh RAM. RAM adalah memori jangka pendek yang digunakan untuk menyimpan data secara langsung.

Komputer dan laptop akan kehilangan kemampuan mereka untuk mengingat dan menyimpan memori apabila memori jangka pendek ini hilang. Detikers dapat menjalankan berbagai program, seperti mengedit video dan membuka file yang besar, dengan RAM.

Fungsi RAM: RAM berfungsi sebagai tempat penyimpanan, jadi lebih banyak RAM pada komputer dan laptop akan bekerja lebih cepat. Berikut ini adalah beberapa fungsi RAM pada komputer dan laptop:

Mendukung proses multitasking, yang berarti RAM membantu menjalankan lebih dari satu aplikasi sekaligus.
Berfungsi untuk menyimpan data yang berasal dari piranti masuk sampai ALU (Arithmetic Logic Unit) dapat memprosesnya segera. Selain itu, RAM dapat digunakan untuk menyimpan data dari pemrosesan ALU sebelum akhirnya dikirim ke piranti keluaran. Selain itu, RAM dapat menampung program yang aslinya berasal dari piranti masuk, sehingga mempercepat proses pengolahan data.

Sebagai alternatif dari Internal Gateway Protocol (IGP) VRAM, Internal Gateway Protocol adalah komponen display pada komputer dan laptop. Untuk menjalankan fungsinya dengan baik, IGP akan memanfaatkan kapasitas memori utama RAM sebagai VRAM.

Toko Furniture
Toko Furniture Seseorang yang menyukai dunia maya dengan cara menulis sebagian Informasi seputar teknologi dan lain lain