Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Jangan lupa tentang efek negatif HP pada kesehatan Anda

 

Jangan lupa tentang efek negatif HP pada kesehatan Anda.

Pengguna biasanya tidak menyadari efek negatif HP pada kesehatan mereka karena terlalu nyaman menggunakan HP. Ketahui dampak di artikel ini untuk menghindari mengalaminya.

HP memiliki banyak fitur yang dapat dimanfaatkan pengguna, seperti kamera, akses internet, dan permainan. Studi menunjukkan bahwa penggunaan HP berlebihan dapat berbahaya bagi kesehatan.

Beberapa Efek Negatif HP yang Harus Anda Ketahui

Dampak negatif HP biasanya bergantung pada intensitas penggunaan; lebih banyak penggunaan, lebih besar risiko gangguan kesehatan.

Pengaruh negatif penggunaan HP yang berlebihan terhadap kesehatan sangat banyak, termasuk:

1. Mengaktifkan jempol menekuk

Ketika pembungkus tendon ibu jari menebal, ibu jari menjadi kaku dan bengkok meskipun tidak menggunakan HP.

Ibu jari yang kaku ini akan membuat gemeretak dan sakit pada sendi jika dipaksa untuk berdiri.

2. Sindrom Tunnel Cubital

Anda mungkin menekuk siku atau bertumpu pada siku saat bermain game, menjelajah media sosial, atau menelepon saat bermain HP. Ada kemungkinan bahwa saraf ulnaris di sikumu akan terganggu jika ini dilakukan terlalu sering.

Ini dapat menyebabkan kesemutan, mati rasa, atau nyeri yang menjalar dari siku hingga kelingking dan jari manis.

3. Sindrom kepala teks

Jika Anda menggunakan HP terlalu banyak, Anda cenderung menengok ke bawah. Kebiasaan ini akhirnya dapat menyebabkan ketegangan pada otot leher dan rasa sakit dan kaku. Bahkan nyeri dapat menjalar ke lengan dan bahu.

4. Kondisi yang mengganggu penglihatan

HP atau komputer tablet dibuat untuk digunakan secara dekat, jadi mata pengguna harus tetap fokus untuk membaca teks di layar HP, yang dapat menyebabkan mata lelah, terutama jika Anda bermain HP selama empat hingga enam jam.

Salah satu gejala mata lelah adalah mata merah atau iritasi, mata kering, dan penglihatan menjadi kabur.

5. Masalah tidur

Salah satu efek negatif HP yang paling umum adalah gangguan tidur, terutama bagi mereka yang sudah kecanduan perangkat ini. Selama HP berada di sekitar Anda, Anda mungkin sering memeriksa atau menanggapi chat, membaca atau mem-posting sesuatu, sehingga Anda melupakan waktu tidur.

Selain itu, sinar biru (atau cahaya biru) yang dipancarkan layar HP dapat menahan produksi hormon melatonin, yang mengontrol siklus tidur seseorang. Akibatnya, memulai tidur menjadi lebih sulit.

Kurang tidur juga dapat meningkatkan risiko diabetes, obesitas, dan penyakit jantung.

Selain itu, penggunaan HP saat mengemudi meningkatkan risiko kecelakaan lalu lintas. Risiko ini meningkat hingga tiga hingga empat kali lipat ketika menggunakan HP sambil mengemudi, baik yang dipegang langsung maupun dengan hands-free.

Tips Aman untuk Mencegah Efek HP yang Berbahaya

Tidak dapat dipungkiri bahwa HP memainkan peran penting dalam kehidupan sehari-hari banyak orang. Namun, ini tidak berarti Anda akan menjadi kecanduan alat ini dan akhirnya mengalami efek negatif.

Untuk mengurangi efek negatif HP pada kesehatan Anda, ikuti beberapa saran berikut:

Sederhanakan penggunaan HP.

Untuk kualitas tidur yang lebih baik, matikan HP setidaknya 30 menit sebelum tidur. Jaga suasana kamar gelap dan tenang.

Mencegah mata lelah dengan mengurangi cahaya di layar HP, menjaga jarak antara layar dan mata Anda, dan meningkatkan ukuran teks.

Saat berjalan atau berkendara, jangan gunakan HP. Jika benar-benar perlu, berhenti sejenak untuk menjawab panggilan telepon atau membalas pesan.

Selama menggunakan HP, cobalah untuk tidak terlalu menunduk. Beristirahatlah setiap dua puluh menit dan lakukan peregangan pada lengan, punggung, leher, dan tangan Anda.

Sebagai pengalih perhatian dari HP, berolahraga, seperti yoga atau pilates, membantu meredakan kekakuan otot yang disebabkan oleh penggunaan HP yang berlebihan.

Pengguna HP juga disarankan untuk menghentikan pandangan mereka dari layar dan mengikuti aturan "20–20–20", yang berarti menghentikan pandangan mereka selama 20 detik setiap 20 menit penggunaan dengan melihat sesuatu yang berjarak 20 kaki (6 meter).

HP memiliki banyak kemudahan, tetapi jangan gunakannya sembarangan sehingga tidak membahayakan kesehatan Anda. Gunakan HP dengan hati-hati agar Anda dapat menikmati manfaat teknologi tanpa mengalami efek negatif pada kesehatan Anda.

Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter jika Anda mengalami salah satu efek negatif dari penggunaan HP yang telah disebutkan di atas, terutama jika efek tersebut sampai mengganggu aktivitas sehari-hari Anda.


Toko Furniture
Toko Furniture Seseorang yang menyukai dunia maya dengan cara menulis sebagian Informasi seputar teknologi dan lain lain