Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Mengetahui Kesehatan Laptop Anda

 Cara Mengetahui Kesehatan Laptop Anda

Cara Mengetahui Kesehatan Laptop Anda

Mengetahui cara mengecek kesehatan laptop Anda sangat penting untuk mencegah kerusakan.

Salah satunya adalah dengan melakukan cek kesehatan baterai laptop Anda secara teratur. Dengan demikian, laptop Anda akan bekerja dengan lebih baik jika kesehatan baterainya terjaga.  

Jika Anda ingin mengetahui cara mengecek kesehatan laptop lainnya, lanjutkan membaca artikel ini hingga akhir.

Salah satu perangkat penting yang sering Anda gunakan untuk bekerja atau mengerjakan tugas adalah laptop.  

Oleh karena itu, Anda harus mengetahui beberapa cara untuk mengecek kesehatan laptop untuk mencegah kerusakan jika Anda ingin menjaga kinerja perangkat tetap optimal.Lihatlah!

  • 1. Menggunakan Keamanan Windows

Selain berfungsi sebagai anti virus default, Windows security adalah layanan bawaan yang tersedia pada laptop bawaan.

Program ini biasanya tersedia di Windows 10, jadi tidak perlu install aplikasi dari luar jika Anda ingin tahu cara mengecek kesehatan laptop dari serangan virus.  

Untuk mengetahui cara mengecek kesehatan laptop dengan Windows security, ikuti instruksi berikut.

Pertama, tekan tombol Windows pada laptop atau klik Start. Kemudian, pilih Pengaturan.

Setelah tampilan Pengaturan muncul, pilih menu Update dan Keamanan. Kemudian, klik opsi Keamanan Windows yang terlihat di daftar sebelah kiri layar.

Anda dapat memilih opsi Kinerja dan Kesehatan perangkat setelah munculnya tampilan Keamanan Windows.  

Setelah itu, Anda dapat melihat status kesehatan laptop berdasarkan kinerja dan performa masing-masing komponen.

  • 2. Menggunakan Pengukur Kinerja

Selain Windows Security, layanan Performance Monitor adalah cara lain untuk mengecek kesehatan laptop Anda.

Layanan bawaan ini memungkinkan Anda melihat kinerja komponen seperti memori, disk, dan penggunaan jaringan.  

Diagnostics System dan Performance adalah dua jenis laporan yang dapat Anda lihat dari fitur Monitor Kinerja.  

Untuk mendapatkan laporannya, ikuti langkah-langkah berikut:    

Cari "penampilan monitor" di kolom pencarian Windows.

Pada panel sebelah kiri, buka menu Data Collector Sets dan klik System. Kemudian, klik kanan pada Diagnosis Sistem dan Kinerja dan pilih Start. Tunggu selama satu menit untuk mendapatkan laporannya. Setelah semua proses selesai, Anda dapat menemukan semua laporan lengkap dengan tanggalnya di sana.

  • 3. Melalui Studi Lapisan Tidur 

Selain itu, laporan sleep study dapat digunakan untuk mengevaluasi kesehatan laptop.  

Laporan penelitian tidur membantu Anda mengetahui aplikasi mana yang menghabiskan banyak baterai laptop. Salah satu cara untuk melihatnya adalah dengan mengklik tombol Windows dan X secara bersamaan. Setelah muncul beberapa daftar di sebelah kiri layar, pilih menu Prompt Komando (Admin).

Kemudian, copy dan paste teks berikut ke file HTML sebagai laporan: powercfg/SleepStudy/output%USERPROFILE%Desktop\mysleepstudy.html. File ini akan muncul di desktop dan Anda dapat membukanya melalui browser.  

Selanjutnya, laporan tersebut akan memberikan informasi tentang kesehatan laptop dan baterai.  

Ini memiliki laporan tentang aplikasi yang menguras baterai yang mencakup informasi tentang setiap pemakaian, jumlah energi yang dihabiskan, dan waktu.

  • 4. Menggunakan Fitur Command Prompt (CMD) 

Windows adalah fitur bawaan yang digunakan oleh Windows untuk membantu pengguna laptop berkomunikasi dengan perangkat.  

Cara mudah untuk mengecek kesehatan laptop menggunakan CMD adalah dengan mengikuti langkah-langkah berikut.  

Setelah menekan tombol Windows atau kolom pencarian, klik "Run". Jika Run muncul, cari kotak pencarian di sebelah kiri layar. Ketik "cmd" di kolom yang ada, lalu klik OK. Kemudian akan muncul jendela Command Prompt baru, di mana Anda harus menulis "WMIC DISKDRIVE GET STATUS" dan kemudian klik Enter.

Tunggu hingga proses scanning laptop selesai. Jika hardisk laptop Anda dalam kondisi baik, maka tulisan "OK" akan muncul saat proses selesai.

  • 5. Anda dapat menggunakan fitur CHKDSK selain CMD untuk mengecek kondisi kesehatan laptop.

 CHKDSK merupakan salah satu fitur bawaan Microsoft Windows yang memungkinkan Anda mengetahui kondisi kesehatan laptop tanpa perlu menggunakan aplikasi tambahan.

Untuk menggunakan fitur CHKDSK, masuk ke menu File Explorer pada laptop Anda, klik kanan menu Local Disk (C:), lalu pilih Properties. Ketika menu Properti muncul, pilih opsi Tools. Kemudian, di kolom Error Checking, pilih opsi Check.

Saat muncul jendela baru, pilih "Scan drive" dan tunggu hingga proses scanning selesai. Jika tidak ada masalah dengan laptop Anda, tampilan "No errors were found" akan muncul.

  • 6. Tes Hard Disk:

 Anda perlu menggunakan software tambahan untuk mengetahui cara mengecek kesehatan hard disk internal laptop.  

Salah satunya adalah aplikasi HD Sentinel gratis.  

Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda dapat mengetahui suhu hard disk terkini, mengecek kesehatan dan kapasitas laptop, dan melihat daya on time.  

  • 7. Tes Keyboard:

 Untuk mengetahui cara mengecek kesehatan laptop, Anda juga dapat melakukan pengecekan keyboard, tetapi Anda perlu menggunakan aplikasi tambahan untuk melakukannya. Karena keyboard sangat penting untuk kinerja laptop, kondisinya harus diperhatikan.

KeyboardTest adalah salah satu aplikasi yang dapat Anda gunakan. Setelah itu, Anda dapat mengecek kinerja laptop untuk melihat apakah tombolnya bekerja dengan baik atau ada kerusakan.

  • 8. Tes Monitor: 

Terakhir, metode untuk mengevaluasi kesehatan adalah dengan melakukan tes monitor. Untuk melakukan tes ini, Anda membutuhkan aplikasi yang disebut MonitorTest.

Selain memastikan laptop tetap dalam kondisi baik, layar monitor atau LCD juga sangat penting untuk kenyamanan saat digunakan.

Itu benar, karena memperbaiki LCD akan sangat mahal.

Rekomendasi untuk Menjaga Kesehatan Laptop Setelah Anda belajar tentang cara mengecek kesehatan laptop Anda, Anda juga harus tahu beberapa tip untuk mencegah kerusakan.

Baca terus untuk mengetahui semua saran untuk menjaga laptop tetap bersih!

Tempatkan laptop di tempat yang memiliki ventilasi yang baik. Jika udara laptop kotor atau berdebu, kotoran biasanya akan masuk dan menumpuk di dalamnya. Akibatnya, laptop kekurangan sirkulasi udara, yang membuat hard disk panas dan mudah rusak.

Untuk meringankan kinerja laptop, buka mesinnya, bersihkan cooler dan filter udaranya, dan kemudian ganti pasta prosesornya.  

Jangan letakkan laptop di atas kasur atau selimut karena hal ini akan mengganggu sirkulasi udara laptop, menyebabkan udara panas di dalam laptop tidak dapat keluar. Oleh karena itu, hindari menggunakan laptop di atas selimut atau kasur tanpa alas yang kasar di bawahnya.

Karena keyboard laptop adalah salah satu sumber debu yang paling umum, gunakan kuas cat kecil atau mini vacuum secara teratur untuk membersihkannya.  

Karena jika Anda langsung menekan tombol power tanpa menghentikan semua aplikasi yang sedang berjalan, Anda hanya akan meningkatkan kinerja hard disk jika Anda menutup semua aplikasi sebelum mematikan laptop.  

Toko Furniture
Toko Furniture Seseorang yang menyukai dunia maya dengan cara menulis sebagian Informasi seputar teknologi dan lain lain