Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Mengecek Kesehatan Laptop Bekas: Layar dan Prosesor

 Cara Mengecek Kesehatan Laptop Bekas: Layar dan Prosesor

Cara Mengecek Kesehatan Laptop Bekas: Layar dan Prosesor



Apakah Anda berencana untuk membeli barang bekas dalam waktu dekat? Jika demikian, sebelum membeli laptop baru yang Anda impikan, penting untuk mengetahui cara mengecek kondisi laptop bekas.

Untuk menghemat dana, laptop bekas dipilih. karena masih ada banyak laptop second dengan kualitas yang sama dengan laptop baru.

Di tengah tingginya permintaan laptop, membeli laptop bekas juga dapat menjadi pilihan. Jadi, membeli laptop bekas untuk membantu pekerjaan adalah pilihan yang baik.

Namun, sangat penting bagi setiap orang untuk mengetahui bagaimana kondisi kesehatan laptop bekas yang akan mereka beli. Apa itu? Lihat penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Untuk menilai kondisi laptop bekas secara keseluruhan, pertama-tama lihat bagian luarnya, apakah terdapat goresan atau benturan. Berikut adalah bagian-bagian laptop bekas yang harus dicek kesehatannya, menurut beberapa sumber:

Menurut laman TechReen, memastikan bahwa layar laptop bekas tidak memiliki dot pixel atau bintik putih adalah langkah pertama untuk memastikan bahwa layarnya baik karena semuanya akan ditampilkan melaluinya.

Untuk menguji kondisi layar, ikuti langkah-langkah berikut:

Untuk mengubah background, gunakan gambar lain. Perhatikan apakah grafis pada layar masih baik.

Mengubah kecerahan dan kontras untuk mengetahui kondisi layar di berbagai kondisi.

  • -Kualitas baterai

Kesehatan baterai juga penting, terutama laptop dengan baterai tanam. Untuk memastikan kesehatan baterai dalam kondisi prima, tekan kombinasi tombol "Windows + R" pada papan tik laptop.

Klik "cmd" di kolom yang tersedia.

Prompt Komando akan muncul pada layar.

Setelah Anda menekan "powercfg /batteryreport", klik "Enter". Tunggu beberapa saat hingga Tombol Perintah menampilkan tautan untuk kesehatan baterai laptop.

Salin tautan dan tempelkannya pada peramban web laptop. Sampai Anda menemukan "informasi baterai", gulir ke bawah.

Berapa lama laptop dapat bertahan dalam kondisi penuh dapat dilihat pada bagian "Perkiraan Durasi Baterai".

Salah satu masalah paling umum dengan keyboard laptop adalah papan tik yang rusak, terutama pada laptop lama. Jangan khawatir; situs web memungkinkan Anda secara gratis memeriksa kinerja keyboard Anda. Berikut adalah beberapa langkah dasar:

  • -Dengan menggunakan peramban, buka situs web penguji keyboard.

Apabila Anda menekan setiap tombol keyboard, warna papan tik di layar akan berubah. Ini menunjukkan bahwa tombol keyboard masih berfungsi dengan baik.

Lihat juga apakah tombol papan tik tidak berubah warna. Jika tidak, mungkin keyboard laptop Anda bermasalah.

Situs web Kondisi port USB memungkinkan Anda memeriksa kondisi touchpad dan keyboard juga.

Pastikan bahwa port USB dan komponen input lainnya, seperti jack headphone dan input kabel daya, masih berfungsi dengan baik agar Anda tidak menyesal setelah membeli laptop bekas.

  • -Perhatikan komponen prosesor dan RAM.

Saat memeriksa kondisi laptop bekas, bagian ini juga harus diperhatikan. Kamu dapat membuka beberapa aplikasi dan program sekaligus untuk melihat kinerja prosesor dan RAM.

Jika aplikasi membutuhkan waktu yang lama untuk dibuka, berpikir dua kali sebelum membeli laptop tersebut. Ini karena laptop dengan prosesor dan RAM yang baik akan melakukan tugas dengan lancar.

Itulah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk memeriksa kesehatan laptop bekas Anda. Semoga Anda dapat lebih mudah memilih laptop bekas yang ingin Anda beli.


Toko Furniture
Toko Furniture Seseorang yang menyukai dunia maya dengan cara menulis sebagian Informasi seputar teknologi dan lain lain