Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

6 Cara Mempercepat Koneksi Internet HP Android

 6 Cara Mempercepat Koneksi Internet HP Android

6 Cara Mempercepat Koneksi Internet HP Android

Koneksi internet yang lambat, juga dikenal sebagai "lempot", adalah masalah paling menyebalkan dan tidak menyenangkan karena dapat menghambat aktivitas browsing di handphone (HP) Android.

Untuk membuat berbagai aplikasi lebih mudah diakses, setiap orang pasti ingin memiliki jaringan internet yang cepat. Namun, bagaimana mempercepat koneksi ke internet pada HP Android?

Salah satu penyebab jaringan internet Android yang lambat adalah masalah pada sistem smartphone; penyebab tambahan dapat berupa jaringan provider yang tidak dapat mencapai wilayah Anda.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat mencoba enam teknik berikut untuk meningkatkan kecepatan koneksi internet di HP Android:

1. Gunakan Chrome Saver Data

Dalam aplikasi browser Google Chrome, fitur yang disebut Data Saver memiliki tujuan untuk menghemat kuota internet.

Namun, fitur ini juga berdampak langsung pada kecepatan situs web Anda. Untuk mengaktifkan fitur ini, buka Pengaturan Google Chrome, lalu pilih Pengaturan, Penghemat Data.

Ketika Anda mengunjungi sebuah situs web, fitur Google Chrome Data Saver akan memprioritaskan kompresi data; ini berarti bahwa semua gambar yang akan dimuat akan ditampilkan dalam ukuran yang lebih kecil.

2. Menghentikan Tethering dan Hotspot

Penggunaan tethering atau hotspot dapat menyebabkan kecepatan internet Anda menurun drastis.

Pastikan untuk mematikan tethering apabila tidak digunakan karena banyak orang sering lupa mematikannya setelah menggunakannya, yang dapat menyebabkan banyak perangkat menggunakan koneksi internet Anda.

3. Bersihkan Cache dan Junk Secara Berkala

Di smartphone Android, cache dan junk adalah "berkas sampah" yang harus dibersihkan secara berkala.

Berkas junk dan cache ini akan menumpuk seiring waktu, menurunkan responsivitas aplikasi yang sedang Anda gunakan, dan bahkan dapat menurunkan kecepatan internet Anda.

Untuk membersihkan junk dan cache, kunjungi Pengaturan > Aplikasi dan peringatan > Semua aplikasi. Pilih aplikasi yang ingin Anda bersihkan dari junk dan cache, lalu pilih Penyimpanan dan Clear Cache.

Untuk menjaga kecepatan aplikasi dan kecepatan internet terbaik, pastikan untuk membersihkan cache secara teratur.

4. Menghentikan Pembaruan Aplikasi yang Dilakukan Otomatis

Selain itu, mengaktifkan pembaruan atau update aplikasi secara otomatis dapat menyebabkan penurunan kecepatan koneksi HP Android. Banyak aplikasi meminta update secara otomatis.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat mengecek aplikasi yang perlu diperbarui setiap malam sebelum tidur dengan mematikan pembaruan otomatis.

5. Akses Jaringan 4G LTE

Semua operator seluler di Indonesia mendukung jaringan 4G LTE. Untuk mengatur koneksi, kunjungi Pengaturan > Jaringan & Internet > Jaringan seluler > Advanced > Tipe jaringan yang disukai. Pilih opsi GSM/WCDMA yang disukai atau LTE/WCDMA.

Anda harus menguji mana dari dua pengaturan konektivitas yang disebutkan sebelumnya yang paling cocok untuk Anda untuk beberapa saat.

4G LTE adalah teknologi konektivitas yang memungkinkan smartphone Android Anda mengakses internet dengan kecepatan hingga 100 Mbps.

Bahkan Telkomsel dan Indosat Ooredoo sudah mendukung 5G, tetapi konektivitasnya masih terbatas di beberapa wilayah.

Untuk mempercepat koneksi internet Android, Anda dapat menggunakan koneksi ini jika perusahaan sudah beroperasi di seluruh wilayah Indonesia.

6. Hindari Penggunaan Widget

Di platform Android, widget adalah ekstensi aplikasi yang biasanya ditampilkan di layar utama.

Sesuai dengan widget aplikasi yang tersedia, widget dapat memberikan informasi instan seperti cuaca, jam, tanggal, dan fungsi lainnya.

Meskipun berguna, widget dapat memperlambat koneksi internet karena selalu terhubung ke server penyedia data, bahkan saat smartphone dalam keadaan standby.

Menghapus widget dari layar utama ponsel Anda adalah metode terakhir untuk meningkatkan kecepatan internet.

Toko Furniture
Toko Furniture Seseorang yang menyukai dunia maya dengan cara menulis sebagian Informasi seputar teknologi dan lain lain