Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

23 Cara untuk Menjaga HP Anda Tetap Awet dan Tidak Rusak

 

23 Cara untuk Menjaga HP Anda Tetap Awet dan Tidak Rusak

Smartphone masih sangat penting saat ini. Seringkali, penggunaan HP dapat menyebabkan kerusakan, terutama jika digunakan terlalu sering dan serampangan. Smartphone dapat mengalami masalah seperti layar yang rusak, baterai yang tidak tahan lama, sistem operasi yang tidak berjalan dengan baik, atau sering nge-hang saat digunakan. Untuk menghindari hal ini, sangat penting untuk memahami cara menjaga HP Android tetap awet.

Selain itu, tidak ada jaminan bahwa smartphone dengan harga tinggi akan bertahan lebih lama daripada smartphone dengan harga lebih rendah. Perangkat elektronik sangat bergantung pada penggunanya. Terkadang, penting bagi kita untuk mengetahui berbagai kebiasaan buruk yang menyebabkan smartphone menjadi rusak dengan cepat. Tujuannya adalah untuk menghindari penggantian smartphone secara berlebihan karena pemakaian yang buruk.

Cara Merawat HP Agar Tetap Awet

Jika smartphone sering digunakan untuk berkomunikasi, bekerja, berselancar, dan bersosial media, performanya akan menurun. Untuk menjaga HP Android dan iPhone tetap awet, ikuti instruksi berikut untuk merawatnya, bersama dengan merek lainnya yang telah dirangkum oleh Qoala.

:1. Gunakan Pengisi Daya Original

Bagaimana cara menjaga baterai HP Android tetap berfungsi dengan baik? menggunakan charger original. Karena itu, menggunakan charger yang tidak berkualitas atau KW yang tidak sesuai dengan spesifikasi baterai dapat merusak smartphone.

Selain itu, tidak disarankan untuk menggunakan powerbank untuk mengisi baterai terlalu sering karena panasnya dapat menyebabkan kerusakan. Tidak perlu. Cukup atur untuk digunakan dalam situasi mendesak.

:2. Bersihkan Debu dari Smartphone

Cara menjaga HP Android baru tetap awet selanjutnya dengan membersihkan debu dari smartphone Smartphone dapat menjadi lebih panas jika ada debu di dalamnya. Oleh karena itu, jika Anda ingin smartphone Anda tetap berfungsi dengan baik, Anda harus rutin membersihkannya.

Saat membersihkan smartphone, gunakan lap microfiber atau lap kacamata untuk mendapatkan hasil terbaik. Jangan gunakan tisu karena serat dapat tertinggal di smartphone. bukan hanya membersihkan debu di layarnya, tetapi juga debu yang menempel di dalam komponen.

3: Memilih Casing Smartphone yang Tepat

Banyak pilihan case dan aksesoris smartphone yang tersedia di pasar kadang-kadang membuat kita bingung untuk memilih yang terbaik. Siapa sangka kualitas smartphone dipengaruhi oleh pilihan aksesori HP?

Untuk membuatnya lebih nyaman untuk digunakan, aksesori smartphone yang asli telah disesuaikan dengan bentuk dan spesifikasi HP. Penggunaan aksesoris dapat menyebabkan HP panas lebih cepat. Oleh karena itu, pilih aksesori yang tepat untuk melepas panas.

Anda dapat melepas aksesoris yang digunakan saat mengisi daya baterai jika terasa panas. Tujuannya adalah agar HP tidak panas. Bagi mereka yang suka mengubah aksesoris, metode perawatan HP Android ini harus dipertimbangkan.

:4. Hindari menggunakan smartphone pada suhu tinggi.

Jika Anda menyukai aktivitas di luar ruangan, hindari menggunakan smartphone di suhu tinggi. Rekomendasi suhu smartphone adalah antara 16 dan 30 derajat Celcius. Ini juga biasanya disarankan oleh prosedur perawatan HP agar tetap awet pada teks di boks smartphone untuk mencegah HP terpapar sinar matahari langsung.

Karena itu, Anda dapat menyimpan dan menggunakan smartphone di tempat yang cukup aman. Jika smartphone terlalu sering terpapar matahari, ruangan tertutup dengan suhu normal dapat mempertahankan kinerja dan kinerjanya.

:5. Isi Daya sesuai Permintaan

Mengisi daya HP sesuai kebutuhan adalah cara lain untuk merawat HP dengan baik dan benar. Untuk memastikan baterai smartphone bertahan lama, hindari mengisi baterai sepenuhnya. Mengapa hal ini terjadi? Ini karena baterai smartphone berbahan lithium ion (Li-on) dapat kehilangan kapasitasnya saat berada di bawah tegangan tinggi.

Selain itu, ketahui bahwa jika lapisan lithium metalik baterai terus menerima arus listrik, itu akan menyebabkan baterai tidak stabil. Jika smartphone dibiarkan terlalu lama, hal ini dapat menyebabkan baterai menggembung atau bahkan meledak.

Agar baterai smartphone tetap awet, disarankan untuk mengisi dayanya antara 30 dan 80 persen. Anda ingin mengetahui cara merawat baterai HP, Xiaomi, Samsung, dan lainnya? Jika Anda tahu cara menjaga baterai HP tetap awet, Anda dapat memastikan bahwa smartphone Anda akan tetap hidup dan bertahan lama.

:6. Jika kinerja smartphone menurun, hapus aplikasi yang tidak penting.

HP Android sering mengalami respons yang lambat atau waktu buka aplikasi yang lama. Ada beberapa aplikasi yang menggunakan CPU dan RAM yang cukup besar sebagai penyebabnya. Akibatnya, kinerja HP menurun dengan cepat. Coba ulangi untuk melihat apakah semua aplikasi yang terinstal benar-benar digunakan.

Cara menghapus aplikasi yang tidak digunakan untuk merawat HP Android Vivo atau Oppo Oleh karena itu, jangan pasang aplikasi yang hanya membutuhkan ruang penyimpanan. Lihat apakah RAM dan ROM, serta chipset, mendukung banyak penggunaan aplikasi atau tidak.

:7. Hindari bermain game saat daya penuh.

Bermain game saat smartphone penuh daya adalah salah satu alasan mengapa baterai smartphone cepat habis dan rusak. Saat baterai dipenuhi dengan beban yang terlalu besar, ia cenderung menggelembung. Menghentikan bermain game sambil mengisi daya baterai adalah cara merawat baterai HP Xiaomi dan baterai lainnya agar tetap awet.

Selain itu, perhatikan bahwa aplikasi game biasanya menghabiskan RAM dan CPU smartphone. Saat bermain game, beban HP akan meningkat. Kebiasaan buruk ini harus dihentikan, jadi tidak heran smartphone cepat rusak.

8: Layar Anda Harus Dilindungi dengan Screen Protector

Ada banyak alasan mengapa layar HP rusak. Salah satunya disebabkan oleh kelalaian kita sendiri. Anda pasti jengkel jika layar HP retak karena jatuh. Menggunakan pelindung layar atau pelindung layar adalah salah satu cara untuk merawat HP Android, terutama layarnya. Screen protector berfungsi untuk melindungi layar sentuh smartphone dari goresan dan juga menyelamatkan layar LCD dalam situasi di mana smartphone jatuh.

Selain itu, perhatikan bahwa goresan kuku yang tidak disengaja dapat menyebabkan goresan pada layar smartphone. Goresan biasanya meninggalkan bekas yang membuat layar smartphone terlihat kotor dan rusak. Untuk memastikan smartphone tetap awet, lengkapi dengan pelindung layar. Jangan lalai untuk menjaga smartphone kesayanganmu!

:9. Update aplikasi dan sistem operasi (OS)

Untuk mempercepat kinerja smartphone, Anda dapat mengupdate aplikasi dan sistem operasi. Pembaruan sistem atau aplikasi memiliki banyak keuntungan, seperti memperbaiki masalah keamanan, memperbaiki bug, meningkatkan kinerja, dan menambahkan fitur baru.

Pembaruan aplikasi dapat diaktifkan secara otomatis pada iPhone dan smartphone Android. Dengan membuka menu Pengaturan dan mencari Update, smartphone Android dapat melakukan pembaruan sistem.

Namun, untuk iPhone, Anda dapat memilih opsi untuk menginstal pembaruan secara otomatis dengan masuk ke Pengaturan>Keseluruhan>Pembaruan Software. ikuti petunjuk untuk menginstal pembaruan jika tersedia. Cara merawat HP realme 5i dan smartphone lainnya dapat dicoba.

10: Menggunakan Software Anti-Virus

Aplikasi, pesan teks, atau lampiran email dapat membawa virus ke smartphone. Oleh karena itu, gunakan antivirus untuk mencegah virus atau malware masuk ke smartphone Anda. Untuk merawat HP Android dengan benar, Anda harus membersihkan smartphone dengan antivirus setidaknya setiap tiga hari.

11: Matikan smartphone saat tidak digunakan.

Layaknya perangkat elektronik lainnya, smartphone juga membutuhkan waktu istirahat. Hardware smartphone akan rusak jika digunakan terus-menerus, terutama jika diforsir. Jadi, cara lain untuk memastikan HP tetap awet adalah mematikan smartphone saat tidak digunakan. Ini akan mendinginkan komponen smartphone seperti RAM, prosesor, dan baterai.

12: Simpan Smartphone Anda dengan Aman

Meskipun terlihat sepele, banyak orang senang tidak melakukan apa-apa tentang smartphone mereka. Akibatnya, HP dapat tersiram air, jatuh di ketinggian, atau tercebur di bak mandi. Kebiasaan buruk ini, terutama yang sering jatuh, dapat mempersingkat umur smartphone.

Smartphone layar sentuh sangat sensitif. Oleh karena itu, pastikan untuk menyimpannya di tempat yang tepat agar tidak tergores oleh benda lain, seperti koin atau kunci. Saat diperlukan, Anda dapat menyimpan smartphone di wadah khusus.

13: Menjaga Keyboard atau Tombol Aman

Salah satu cara terbaik untuk merawat HP Android adalah dengan memperhatikan penggunaan keyboard, yang merupakan aspek penting dari pengetik. Tombol smartphone memiliki banyak fungsi. Akan mengurangi fungsi tombol smartphone jika terus digunakan.

Meskipun smartphone keluaran terbaru lebih banyak menggunakan layar sentuh, beberapa HP masih memiliki tombol seperti tombol menu, home, dan back. Jika tidak dibutuhkan, jangan menekan tombol terlalu sering.

14: Menghemat Data Smartphone

Sangat penting untuk mencadangkan data smartphone agar semua data, termasuk kontak, foto, video, dan dokumen, tersimpan saat smartphone diganti di kemudian hari. Jumlah data yang dipindahkan mengurangi kinerja chipset, RAM, dan ROM smartphone. Oleh karena itu, HP lebih awet dan bekerja lebih cepat.

Pengguna iPhone dapat melakukan pencadangan data dengan membuka Pengaturan, mencari "iCloud", lalu pastikan tanda centang. Namun, pengguna Android memiliki kemampuan untuk mengakses Pengaturan>Google>Backup. Jika Anda memiliki tumpukkan data di smartphone Anda, Anda mungkin ingin mencoba teknik perawatan HP Oppo ini.

15: Keluar dari Medan Magnet

Tidak banyak orang yang menyadari bahwa smartphone Android tidak boleh terkena medan magnet. Ini karena medan magnet, air, dan logam lainnya dapat merusak speaker. Speaker smartphone sangat penting untuk mendengarkan musik dan menelpon. Kami sering meletakkan smartphone di atas magnet, seperti TV dan radio, tanpa menyadarinya. Smartphone Anda mungkin tidak akan bertahan lama jika Anda mengikuti kebiasaan di atas.

Menghindari ponsel dari beberapa benda di atas juga membantu membuat suara yang keluar dari ponsel lebih kuat dan tidak mati. Untuk mencegah kerusakan speaker HP, jangan mendengarkan musik atau video dengan volume speaker penuh; cukup 90 persen saja. Cara merawat HP yang tahan lama ini pasti patut dicoba bagi mereka yang suka mendengarkan musik.

16: Hapus Widget yang Tidak Bermanfaat

Untuk menjaga kinerja smartphone Android, penggunaan aplikasi, software, atau piranti lunak harus diperhatikan selain perawatan hardware. Anda harus memperhatikan widget aplikasi ponsel di kategori software dan aplikasi.

Karena widget biasanya tetap aktif di latar belakang tanpa diketahui pengguna, penyebaran widget yang tidak teratur mengganggu kinerja smartphone. Amat disarankan untuk menghapus widget yang tidak penting, terutama yang berada di layar beranda. Mengurangi penggunaan widget adalah cara terbaik untuk merawat baterai HP.

17: Jangan mengisi baterai sebelum tidur.

Ponsel dapat terlalu panas jika dicharge ketika sedang tidur. Ini karena biasanya hanya memerlukan waktu dua hingga tiga jam untuk mengisi penuh baterai. Namun, waktu tidur mungkin bervariasi dari lima hingga delapan jam. Selain itu, mencharge ponsel saat tidur dapat membuatnya terlalu panas, menyebabkan ledakan tiba-tiba.

18: Saat baterai 0%, jangan nyalakan.

Tidak banyak orang yang tahu bahwa pengisian baterai pada 0% dapat menyebabkan baterai cepat rusak. Ini karena tegangan yang meningkat membuat baterai tertekan. Baterai telepon memiliki kapasitas kerja antara 30 dan 80 persen. Anda dapat mengisi ulang ketika kapasitas baterai di bawah 30%. Karena tegangan tinggi akan menekan daya baterai dan memperpendek umurnya, jangan mengisi baterai sampai penuh.

19: Hindari Permainan Berat

cara menjaga HP Android tetap awet dengan menginstal game yang sesuai dengan spesifikasi HP. Karena game online memiliki ukuran yang besar, dan hang mungkin terjadi jika spesifikasi smartphone tidak mendukungnya.

Smartphone akan cepat rusak jika terus dipaksakan. Oleh karena itu, Anda dapat melihat spesifikasi minimal game yang ingin Anda mainkan, dan kemudian memeriksa apakah smartphone Anda memenuhi spesifikasi minimal itu.

20: Hindari terlalu panas.

Overheat adalah ketika smartphone terlalu panas, biasanya karena digunakan terlalu lama atau terlalu lama. Terbukti bahwa panas berlebihan sangat berdampak pada umur baterai smartphone karena dapat memperpendek masa pakai dan menyebabkan smartphone menjadi lebih cepat lemot. Jika suhu terlalu tinggi, hentikan penggunaan sampai suhu kembali normal. Jika perlu, matikan smartphone untuk mempercepat proses pendinginan.

21: Memelihara Software Android

Selain itu, pemakai smartphone Android harus memperhatikan aplikasi dan program Android. Karena itu, aplikasi menjadi komponen penting dari smartphone saat digunakan. Merawat software untuk mencegah HP menjadi lambat dapat dilakukan dengan cara berikut:

Ingat RAM dan spesifikasi.

Hanya install aplikasi yang terpercaya dan seperlunya.

Jangan unduh aplikasi di luar Google Playstore karena jelas tidak aman dan dapat membawa malware.

Install anti-virus yang berprestasi tinggi dan berfungsi dengan baik.

22: Jangan melakukan banyak hal sekaligus.

Sebagian besar pengguna HP modern menyukai kemampuan multitasking. Selama smartphone yang digunakan memungkinkan untuk melakukannya, itu masuk akal. Namun, membuka terlalu banyak aplikasi sekaligus dapat memperlambat ponsel, terutama dengan spesifikasi HP standar. Jadi, cara terbaik untuk menjaga baterai HP Android tetap awet adalah dengan menutup aplikasi lain sebelum membuka aplikasi baru. Jangan biarkan HP lemot karena multitasking.

23: Menyimpan Cache

Sering mengalami aplikasi yang tiba-tiba tidak berfungsi atau crash? Sebenarnya, tidak selalu perlu menutup aplikasi secara paksa atau menghapusnya. Coba dulu penghapusan cache. Anda dapat mencoba langkah ini untuk menyelesaikan masalah yang sering muncul saat menjalankan aplikasi.

Untuk membersihkan cache aplikasi HP, buka pengaturan dan pilih opsi Aplikasi. Setelah itu, pergi ke bagian Manajemen Aplikasi dan tekan aplikasi yang dianggap bermasalah. Karena menghapus cache tidak akan menghapus data dan pengaturan aplikasi, Anda tidak perlu khawatir tentang mencoba berbagai metode untuk menjaga HP Android tetap awet. Ini hanya membuang file sementara yang dapat menyebabkan masalah.

Tahukah Anda cara merawat HP agar tidak rusak seperti di atas? Semua orang yang menggunakan smartphone harus tahu cara menjaga perangkat yang sering digunakan tetap awet. Untuk melindungi HP Anda dari kerusakan jangka pendek atau jangka panjang, asuransi smartphone juga dapat membantu. Asuransi smartphone Qoala harus dipertimbangkan. Jenis asuransi smartphone Qoala adalah Full Protection dan Screen Protection. Produk Full Protection akan melindungi smartphone Anda dari kerusakan yang disebabkan oleh jatuh atau cairan. Meskipun demikian, Screen Protection akan melindungi perangkat Anda dari kerusakan layar yang tidak disengaja. Anda harus segera melindungi perangkat Anda.

Toko Furniture
Toko Furniture Seseorang yang menyukai dunia maya dengan cara menulis sebagian Informasi seputar teknologi dan lain lain